Mahasiswa Mulailah Belajar Bahasa Inggris Melalui Status dan Kata Mutiara

Kamus_bahasa_inggris_mahasiswa

Makassar – Bahasa inggris merupakan salah satu komptensi penting bagi mahasiswa. Kompetensi ini menjadi salah satu hal  yang tidak mungkin untuk dihindari bagi mahasiswa, tidak hanya karena menjadi salah satu mata kuliah wajib, tapi juga sudah menjadi bahasa internasional.

Beberapa tahun belakangan ini bahkan Bahasa Inggris menjadi semakin dibutuhkan di kalangan akademik, bukan hanya bagi mahasiswa tapi juga bagi dosen, guru dan seluruh civitas akademik. Pasalnya beberapa sumber yang menjadi landasan dalam dunia pendidikan kebanyakan dibuat dalam bahasa inggris, selain itu hampir seluruh referensi popular baik itu dalam bentuk jurnal, opini dan hasil penelitian dipublikasikan dalam bahasa inggris.

Lebih dari Oral Speaking

Beberapa mahasiswa apatis yang mengikuti kajian singkat terkadang menafikan kompetensi bahasa Inggris. Bagi mereka, Bahasa Inggris dianggap kompetensi sia-sia yang dimiliki karena setelah lulus pendidikan dan mengajar, semuanya dilakukan dengan pengantar bahasa Indonesia.

Alibi lain yang digunakan untuk memandang bahasa inggris sebagai bahasa sebelah mata, adalah pandangan idealis kelas teri. Beberapa mahasiswa pernah menganggap bahwa mengutamakan bahasa Indonesia jauh lebih penting dalam bahasa inggris sesuai dengan amanah yang ada pada Sumpah Pemuda.

Padahal sejatinya pernyataan ini hanya bentuk Apologiku dari keterbatasan kemampuan bahasa Inggris dari mahasiswa. Pasalnya Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia bukanlah dua sisi mata uang yang bertolak belakang. Bahasa Inggris tentu saja bisa dipraktikan tanpa harus merusak kecintaan kita akan Bahasa Indonesia.

Lebih jauh dari Hal tersebut, Bahasa Inggris tidak semata kebutuhan akan oral speaking dan regular komunikasi semata, tapi menjadi prasayarat beberapa peluang emas seperti Beasiswa dalam dan luar negeri. Selain itu bahasa Inggris menjadi salah satu satu kunci seorang guru bisa mengikuti perkembangan trend pengajaran melalui jurnal Internasional yang hampir 80 % ditulis dalam bahasa Inggris.

Mulai dari Hal yang sederhana.

Belajar bahasa Inggris tentu saja memiliki banyak macam cara salah satunya melalui kursus intensive seperti para pelajar yang sengaj jauh-jauh datang di Kampung Inggris, Pare. Namun sebagai mahasiswa aktif tentu saja agak sulit menyatukan jadwal kursus dan jadwal kuliah yang masih panjang.

Jadi mahasiswa harus menunggu selesai sarjana dulu, barulah kemudian ikut kursus bahasa Inggris?

Tentu saja tidak, meskipun tidak ada kata terlambat untuk belajar, namun tampaknya belajar Bahasa Inggris dengan clausal Sarjana sudah terlambat.

Belajar Bahasa Inggris bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, seperti listening, bahkan Aj Hoge, seorang pakar dan praktisi pengajaran bahasa Inggris mengatakan bahwa 80% dari skill bahasa Inggris seseorang ditentukan oleh Listening.

Jenis listening yang dimaksud tentu saja bukan lagu para Rapper Amerika yang menyanyikan lagu dalam tempo yang cepat, namun semuanya dimulai dari hal-hal yang simple, seperti Easy Listening. Setelah Easy Listening lancar, barulah kemudian dilanjutkan mendengar berita dari siaran berbahasa Inggris seperti BBC atau Times.

Namun apakah listening cukup?

Tanpa Praktis tentu saja, bahasa Inggris hanya akan tetap terpendam. Langkah berikutnya adalah memulai menjadi User Active bahasa inggris dengan cara mepraktikkan ilmu bahasa Inggris yang dimiliki. Meskipun masih terbata-bata ataupn sangat terbatas.

Kebanyakan masalah yang muncul dari mahasiswa adalah salah menempatkan rasa malu dalam belajar. Kebanyakan mahasiswa justru malu ketika salah dalam menggunakan bahasa Inggris dibandingkan dengan malu jika tidak tau bahasa inggris.

Seperti yang dikatakan oleh Pepatah Bahasa Inggris “A long journay always begins by a singgel step”, tentu saja tanpa memulai seseorang tidak akan pernah beranjak dari tempatnya.

Kesalahan dalam memulai tentu saja bukanlah hal yang memalukan, karena proses belajar itu memang sepanjang hayat. Mungkin menjadi aktif dalam bahasa inggris bisa dimulai dengan cara sederhana seperti menuliskan Status di media sosial dalam bahasa inggris, mengingat media sosial menjadi salah satu tempat yang sangat banyak disambangi generasi milenial saat ini.

Mulailah dengan menuliskan kata mutiara bahasa inggris kendati itu pun salah. Misalnya ingin mengatakan “dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung, lalu dituliskan “Where the earth are stepped, that is the sky are upholded

Jangan malu jika sudah banyak yang menegur jika kalimat tersebut memang benar-benar salah, namun sampai akhirnya dari teguran tersebut mahasiswa bisa belajar hal baru dimana Kata mutiara dalam bahasa Inggris dari pepatah tersebut adalah “when in Rome, Do as Romans“.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *