Melatih Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Kegiatan SIGMA IPA

Takalar – Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA UNM yang tergabung dalam HMPS Pendidikan IPA melaksanakan kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan pada Jum’at (24/11/1017) sampai dengan minggu (26/11/2017) di Desa Toppe Jawa Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, melibatkan mahasiswa baru angkatan 2017 sebagai rentetan acara pengenalan kampus dan aktivitas kampus. Kegiatan rutin tahunan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan latihan guna memperkuat kemampuan penyesuaian individu dalam lingkungan kampus. Oleh karena tema “mewujudkan identitas mahasiswa sebagai kader Intelektual dan berkarakter” dirasa sangat tepat dengan tujuan tersebut.

Kegiatan ini diisi dengan dua kegiatan seperti indoor dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa baru mengenai kegiatan seputar mahasiswa di kampus baik yang berhubungan dengan akademik dan juga kelembagaan. Selain itu mahasiswa juga diberikan kegiatan outdoor untuk memberikan kesadaran bahwa keterampilan kognitif saja tidak cukup menunjang mahasiswa, tapi juga harus dibarengi dengan fisik yang sehat dan kerja sama tim.

Senada dengan ini, Reski Hamdani R sebagai mahasiswa Pendidikan IPA UNM dan pengurus HMPS Pendidikan IPA UNM yang turut menghadiri kegiatan menyatakan bahwa kegiatan outdoor yang lebih ditekankan pada games-games dalam kelompok adalah upaya untuk meningkatkan kerja sama antar tim.

“Kegiatan outdoor  memiliki tujuan utama meningkatkan kerja sama dan kepemimpinan mahasiswa” ujar Reski pada hari senin (27/11/2017).

Kegiatan ini ditutup dengan pengukuhan mahasiswa baru angkatan 2017 di tepi pantai Toppe Jawa, Kabupaten Takalar pada hari minggu (26/11/2017) sekaligus memberikan nama angkatan “Orbital”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *