Prodi Pendidikan IPA UNM Berikan Workshop Budidaya Hidroponik di Bantaeng

Bantaeng – Pogram Studi Pendidikan,  Universitas Negeri Makassar melaksanakan program tahunan pengabdian masyarakat dalam bentuk Program Kemintraan Masyarakat atau PKM. Program ini merupakan implementasi dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, UNM.

Pelaksanaan workshop dilakukan dalam bentuk pelatihan pengelolaan tanaman menggunakan media Hidroponik di SMP Negeri 1 Bantaeng, Rabu (26/6/2019) dan Kamis (27/6/2019).

Kegiatan ini dibawakan oleh Dosen-Dosen dari lingkup Prodi Pendidikan IPA yang diketuai oleh Sitti Rahma Yunus, S.Pd., M.Pd., selaku ketua dan Muhammad Aqil Rusli, S.Pd., M.Pd, dan Dr. Muh. Tawil., M.S., M.Pd selaku anggota pengabdian.

Workshop penanaman menggunakan media hidroponik ini dianggap tepat oleh Rahma, mengingat kondisi pusat kota Bantaeng yang sudah memiliki lahan terbatas, terutama di lingkungan sekolah.

Selain daripada itu, Rahma juga menambahkan jika fungsi dari tanaman Hidropnik bisa menambahkan kesan visual pada lingkungan sekolah dan yang paling penting adalah menjadi media pembelajaran IPA yang berkaitan dengan media Tanaman selain media tanah yang sudah banyak dikenal secara umum.

Pelaksanaan Workshop Hidroponik ini mendapatkan respon positif dari 29 guru-guru peserta Workshop di lingkungan SMPN 1 Bantaeng. Andi Nurfadillah, S.Pd salah satu peserta Workshop dan juga Guru di SMPN 1 Bantaeng bahkan berharap jika Workshop sejenis yang berkaitan dengan Hidroponik dapat diselenggarakan sebagai bentuk tindak lanjut dari Workshop Budidaya Hidroponik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *